BAB I PENDAHULUAN A) DESKRIPSI Modul saringan oli pada system pelumas membahas tentang fungsi dan cara kerja saringan oli pada system pelumas pada mesin (engine)baik pada mesin disel maupun mesin bensin, tujuan dari modul ini agar siswa memiliki subkompetensi yaitu memahami prinsip kerja saringan oli dan komponen-komponennya .materi modul yang akan dipelajari meliputi : (1) prinsip kerja saringan oli mesin , (2)jenis ^jenis saringan oli dan cara kerjanya (3)fungsi katup by-pass dan fungsi katup anti balik.setelah mempelajari modul ini diharapkan siswa dapat memahami fungsi dan cara kerja saringan oli serta komponen-komponenya. B) Tujuan Umum Dan Tujuan Khusus Pembelajaran Ø Tujuan umum pembelajaran Setelah mempelajari teori pendukung sistem pelumasam diharapkan nantinya siswa dapat melaksanakan Analisa/Diagnosa saringan oli dari berbagai macam jenis sistem pelumasan yang ada pada kendaraan bermotor, baik itu menyangkut katub anti balik ,katub by-pass, mekanisme penyaringan olie, mekanisme sistem pengontrol olie maupun olie itu sendiri Ø Tujuan khusus pembelajaran. Memahami fungsi dan cara kerja berbagai jenis saringan oli C) PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh tenteng sistem pelumasan, maka siswa diharapkan harus mempelajari dulu Materi Teori Dasar Penunjang secara menyeluruh sebelum melaksanakan tahapan-tahapan praktik. Untuk memperoleh hasil belajar seccara maksimal dalam mempelajari modul ini ,langkah –langkah yang perlu dilaksanakan anatara lain: Bacalah dan pahamilah dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada pada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, siswa dapat bertanya pada guru yang memegang kegiatan belajar tersebut. Kerjakanlah setiap tugas formatif (soal latihan) yaitu seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap materi – materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar. D) ALOKASI WAKTU DURASI WAKTU : 2 X 45 MENIT E) PERALATAN DALAM PENGGUNAAN MODUL ü PAPAN TULIS ü OHP BAB II MATERI PEMBELAJARAN A) Fungsi saringan oli Menyaring oli sebelum mencapai pemakai sehingga : · Keausan motor diperkecil · Umur motor diperpanjang Letak pemasangan : · Pada saluran tekan setelah pompa oli · Pada blok motor bagian luar dengan tujuan agar penggantian lebih mudah B) Jenis-Jenis Saringan Oli Dan Cara Kerjanya Pada Sistim Pelumas 1. Saringan oli jenis elemen/terpisah Bagian-bagian
Cara kerja : Oli dari pompa ditekan masuk lewat saluran masukbditeruskan kebagian luar filter oli , dan oli disaring masuk kebagian dalam dan diteruskan ke saluran kkeluar Hal yang perlu diperhatikan sewaktu pembersihan filter oli : · Pegas penahan jangan diletakkan diatas piringan dudukan elemen saringan akibatnya piringan tidak menekan filter oli dan oli tidak tersaring. · Paking karet harus terpasang dengan benar jika tidak oli akan bocor. Sifat-sifat : · Filter oli dapat dibersihkan hingga beberapa kali (tidak usah diganti filter oli) · Biaya lebih hemat Penggunaan : Motor Bensin dan Diesel CC besar 2. Cara kerja : Oli dari pompa masuk dari bagian luar (lubang kecil jumlah banyak) disaring oleh filter oli oli bersih keluar melalui satu lubang besar menuju pemakai. Sifat-sifat : · Sekali dipakai dibuang · Katup by-pass
Letak Katup by-pass
Katup anti balik
Cara kerja Saat mesin hidup
Saat motor mati
Kesimpulan Fungsi : Menyaring oli sebelum mencapai pemakai sehingga : · Keausan motor diperkecil · Umur motor diperpanjang Jenis-jenis saringan oli I. Saringan oli jenis elemen/terpisah II. Saringan oli jenis cartridge/utuh BAB III Evaluasi A) Tes latihan Jawab pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas
B) Lembar jawaban 1. Cara kerja : 2. jelaskan fungsi dan cara kerja dari katub by-pass?
Keterangan :
Kategori Kelulusan:
BAB IV PENUTUP Peserta diklat yang telah mencapai syarat kelulusan minimal dapat melanjutkan ke modul berikutnya. Sebaliknya, apabila peserta diklat dinyatakan tidak lulus, maka peserta diklat tersebut harus mengulang modul ini dan tidak diperkenankan untuk mengambil modul selanjutnya. DAFTAR PUSTAKA Anonim. (t.th.). Materi Pelajaran Engine Group Step 1., Jakarta : PT Toyota Astra Motor. Anonim. (1995). Materi Pelajaran Engine Group Step 2., Jakarta : PT Toyota – Astra Motor. Anonim. (1995). New Step 1 Training Manual. Jakarta : PT Toyota – Astra Motor. Wiranto Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, ITB Bandung, 1987. www.merdeka motor.com |
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment