Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak

Meningkatkan keahlian sosial anak

Berikut ini beberapa strategi yang baik untuk meningkatkan keahlian sosial anak:
1. Bantu anak yang ditolak untuk belajar mendengarkan kawan sebayanya dan "mendengar apa yang mereka katakan", bukan berusaha mendominasi kawannya. Dalam sebuah studi, remaja yang dijauhi secara sosial diajari arti pentingnya menunjukkan perilaku (seperti: berempati, mendengar dengan seksama, dan meningkatkan keahlian komunikasi) yang akan meningkatkan peluang mereka diterima oleh orang lain (Murphy & Schneider, 1994). Intervensi ini bisa membantu anak yang ditolak untuk mengembangkan persahabatan yang lebih baik.
2. Bantu anak yang ditolak agar bisa menarik perhatian kawan sebayanya secara positif. Mereka bisa melakukan ini dengan mengajukan pertanyaan, mendengar dengan perhatian yang hangat, dan mengatakan hal-hal tentang dirinya sendiri yang mungkin menarik perhatian teman sebayanya. Juga bantu anak yang ditolak untuk masuk ke kelompok secara lebih efektif.
3. Beri pengetahuan tentang cara meningkatkan keahlian sosial kepada anak yang berkemampuan sosial rendah. Cara mengawali interaksi, seperti bertanya kepada kepada seseorang tentang kegiatan favoritnya dan mengajak anak untuk melakukan kegiatan bersama-sama.
4. Baca dan diskusikan buku tentang hubungan teman sebaya dengan murid dan lakukan permainan aktivitas pendukung. Masukkan kegiatan ini sebagai unit tematik dalam kurikulum anda. Sediakan buku tentang hubungan teman sebaya dan persahabatan bagi anak yang lebih tua dan remaja.

-David Sigalingging, S.Pd.-

Share on Google Plus

About David Sigalingging

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment