Membentuk Hubungan Sekolah-Keluarga

Membentuk hubungan sekolah dan keluarga

Joyce Epstein (1996, 2001; Epstein & Sander, 2002; Epstein dkk.,2002) mendeskripsikan enam arda dimana hubungan keluarga-sekolah dapat dibentuk:

1. Menyediakan bantuan untuk keluarga. Sekolah dapat memberi orangtua informasi tentang keterampilan mengasuh anak, arti penting dukungan keluarga, perkembangan anak dan remaja, dan konteks rumah yang bisa memperkaya pembelajaran disetiap level kelas. Guru adalah titik kontak penting antara sekolah dan keluarga. Guru dapat mengetahui apakah keluarga telah memenuhi kebutuhan fisik dan kesehatan anak-anaknya.

2. Berkomunikasi secara efektif dengan keluarga mengenai program sekolah dan kemajuan anak mereka. Ini membutuhkan komunikasi sekolah-ke-rumah dan rumah-ke-sekolah. Ajak orang tua untuk menghadiri konferensi guru-orangtua dan fungsi-fungsi sekolah lainnya. Kehadiran mereka akan membuat murid tahu bahwa orang tuanya memerhatikan prestasi sekolah mereka.

3. Ajak orangtua untuk menjadi relawan. Perbaiki training, pekerjaan, dan jadwal untuk melibatkan orangtua sebagai relawan di sekolah dan untuk meningkatkan kehadiran dalam pertemuan sekolah. Usahakan sesuaikan keahlian relawan dengan kebutuhan kelas.

4. Libatkan keluarga dengan anak mereka dalam aktivitas belajar dirumah. Ini menggunakan antara lain pekerjaan rumah dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kurikulum pelajaran. Orang tua akan efektif jika mereka mempelajari strategi tutorin mengajar dan mendukung kegiatan sekolah.

5. Libatkan keluarga sebagai partisipan dalam keputusan sekolah. Orang tua bisa diundang untuk menjadi dewan sekolah, komite sekolah, penasihat dan organisasi lainnya.

6. Mengoordinasikan kerja sama komunitas. Buat hubungan dengan upaya dan sumber daya komunitas bisnis, agen, perguruan tinggi atau universitas untuk memperkuat program sekolah, praktik keluarga, dan pembelajaran murid. Seknlah bisa memberi keluarga tentang program komunitas dan layanan komunitas yang bermanfaat bagi mereka.


-David Sigalingging, S.Pd-

Share on Google Plus

About David Sigalingging

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment