Mencatat Dengan Baik

Mencatat dengan baik.

Membuat catatan yang baik, entah itu dari pelajaran atau teks, akan membantu pembelajaran murid (Kiewera, 1989). Ketika murid dibiarkan mencatat tanpa diberi strategi lainnya, mereka cenderung akan mencatat secara ringkas dan tidak teratur. Saat mereka mencoba menulis, tulisan itu seringkali berupa catatan verbatim dari apa yang mereka dengar. Beri murid latihan mencatat dan kemudian evaluasilah catatan mereka itu. Suruh murid tidak mencatat segala sesuatu yang mereka dengar saat mereka mencatat. Tentu saja ini tidak mungkin dilakukan, dan dapat mencengah mereka mendapatkan gambaran umum dari apa yang dikatakan pembicara. Karena itu, berikut ini beberapa strategi mencatat yang baik:
1. Ringkasan. Metode meringkas dimana murid mendengarkan selama beberapa menit kemudian menuliskan ide utama yang disampaikan pembicara pada saat itu. Kemudian murid mendengarkan lagi selama beberapa menit, lalu menulis lagi, dan seterusnya.
2. Menulis garis besar. Strategi lainnya yang dapat anda ajarkan kepada murid adalah menulis garis besar dari apa-apa yang dikatakan pembicara. Sebuah garis besar mirip dengan penataan bab-bab dalam buku ini, dengan judul sebagai subtopik, lalu subjudul ketiga dan seterusnya. Ingat bahwa tidak cukup hanya memberi tahu murid untuk menulis garis besar, anda harus menunjukkan caranya.
3. Peta konsep. Strategi lainnya adalah menyuruh murid mempraktikkan penggambaran peta konsep. Peta konsep mirip dengan garir besar, tetapi menggunajan informasi visual dalam format seperti jaring laba-laba.
Semua strategi mencatat diatas membantu anak untuk mengevaluasi mana ide yang paling penting untuk diingat. Penjabaran garis besar dan peta konsep juga membantu murid menata materi secara hierarkis, yang menunjukkan arti penting dari tema pembelajaran:
PEMBELAJARAN AKAN BEKERJA TERBAIK APABILA IA DITATA.

-David Sigalingging, S.Pd-

Share on Google Plus

About David Sigalingging

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment